Jadi Fulltime Mom Tanpa Stres? Siapa Takut!

Penulis : Putri Annisa


Gak kerasa, sudah satu setengah tahun saya resign dari pekerjaan sebagai wartawan dan melanjutkan hidup sebagai full time mom buat anak saya Yasmin. Senangnya bukan main karena bisa melihat tumbuh kembang Yasmin setiap hari yang kian menggemaskan. Bersyukur pastinya untuk karunia yang satu ini. 


Rupanya menjadi ibu rumah tangga yang pekerjaannya tiada henti 7x24 jam adalah tantangan tersendiri bagi saya. Ada sukanya, pasti ada dukanya. Apalagi kalau saya merasa tubuh saya lagi lowbat. Seolah-olah saya menjelma dari seorang ibu peri menjadi monster yang mengerikan, haha! Kalau sudah begitu, bukan suami aja yang kena sasaran emosi, tapi anak saya yang sebenarnya belum ngerti apa-apa juga bisa bikin saya naik darah. 

Nah, kalau sudah begitu saya cepat-cepat deh cari cara buat bikin mood saya balik lagi. Berusaha bikin emosi saya stabil lagi. Mulai dari dengerin lagu atau nonton dvd film favorit, sampai minta izin suami buat me time sekadar 2-3 jam. Kalau semuanya belum memungkinkan, saya pilih power nap tanpa gangguan deh buat kembaliin energi positif. Alhamdulillah, saya punya suami yang lumayan sportif urusan kerjaan rumah tangga. Termasuk urusan gantian jaga anak. 

"Ya udah ibu main keluar dulu sana. Biar Yasmin sama ayah". 

Kalimat di atas itulah yang kemudian bikin hati saya berbunga-bunga, hehe. Tandanya, suami saya sudah memberi izin ke saya untuk me time sebentar. Itung-itung nge-charge pikiran dan perasaan. Biasanya setelah itu, saya merasa lebih baik dan terhindar dari stres. Hubungan saya ke suami jadi lebih mesra, begitupun hubungan saya dengan anak saya. Saya merasa punya energi lebih untuk menyayanginya lebih baik lagi. 

Buat para fulltime yang mungkin juga lagi ngerasa lowbat, kegiatan-kegiatan ini bisa lho dijadiin ide buat me time:

1. Tonton film atau baca buku favorit 
Menonton dvd film favorit atau sekadar membaca buku favorit memang termasuk ide metime yang paling sederhana. Tapi percaya atau enggak, setelah seharian ngurus urusan domestik dalam rumah tangga seringkali bikin kita lupa hobi kita. Nah, saat anak lagi tidur siang kita bisa kok ngejalanin hobi seperti nonton dvd dan baca buku. Pilih genre film atau buku yang benar-benar kita sukai ya biar makin puas!

2. Delivery kopi atau fast food favorit
Ide yang satu ini ngaruh banget nih buat saya yang hobi ngemil. Kalau lagi pusing, saya biasa pesan antar kopi dan burger kesukaan. Cepat dan kenyang pastinya...hehe. 
 

3. Menulis blog tentang keseharian
Konon, menulis membuat hati kita lebih tenang. Menulis blog tentang kegiatan sehari-hari kita bersama suami dan anak-anak bisa jadi pilihan yang menyenangkan. Enggak cuma menghilangkan stres dan mengurangi mengeluh, menulis bisa jadi sebuag refleksi diri dan menambah rasa syukur. Selain itu, siapa tahu blog kita dibaca banyak orang dan menginspirasi. Banyak manfaatnya, bukan?

4. Meet Up dengan Teman
Bertemu dengan teman yang juga sudah berkeluarga juga bisa jadi ide me time yang seru. Coba minta izin ke suami untuk bisa pergi sendiri dan biarkan anak quality time dengan ayahnya. Haha hihi selama 2-3 jam dengan teman-teman bukan berarti bikin kita lupa rumah, kan? Momen meet up ini biasanya diisi dengan saling curhat. Siapa tahu, kita senasib dengan teman kita dan bisa saling menguatkan


5. Browsing Online Shop
Menjelajah online shop memang selalu menyenangkan. Kalau saya sih biasa cari baju busui yang kece atau baju jalan-jalan untuk anak. Tapi ingat, jangan sering-sering ya! Hehe. Sekadar lihat-lihat aja enggak harus beli juga udah bisa bikin happy, kok. 

Jadi, apa ide me time kamu weekend ini? 



 

0 Balasan
N

Related Posts